Domain Life Cycle

By | 29 March 2011

Gambar dibawah ini adalah ilustrasi visual yang menceritakan secara ringkas siklus hidup sebuah nama domain. Siklus hidup ini mungkin akan ada perbedaan antara satu domain registrar dengan domain registrar yang lain terutama dalam hal bilangan harinya.

Available
Ini adalah fase paling awal dari siklus hidup semua domain yang ada di internet. Di fase ini calon pemilik domain dapat melakukan pencarian terhadap domain-domain yang hendak didaftarkannya melalui form-form pencarian yang ada di domain registrar maupun penyedia-penyedia jasa web hosting seperti OktoHost. Jika domain masih tersedia, atau dengan kata lain belum didaftarkan oleh pihak lain, maka calon pemilik domain dapat segera mendaftarkan domain tersebut dan domain akan masuk ke fase berikutnya.

Registered
Setelah proses pendaftaran domain selesai dilakukan domain akan berada pada fase registered atau terdaftar. Pada fase ini domain dapat digunakan sebagaimana mestinya dan dapat diperpanjang masa aktifnya. Beberapa nama domain dapat mempunyai masa aktif 1-10 tahun, sementara nama domain lainnya ada yang hanya 1-2 tahun, atau 1-5 tahun, tergantung dari domain registry yang bertanggung jawab atas domain tersebut. Pada fase ini domain juga dapat ditransfer ke registrar lain. Namun, harap dicatat bahwa ada beberapa domain registrar yang mensyaratkan domain harus mempunyai sisa masa aktif 60 hari untuk dapat ditransfer keluar (dipindahkan ke registrar lain), sementara domain registrar lain tidak mensyaratkan hal tersebut (domain dapat ditransfer keluar walaupun sisa masa aktif hanya tersisa 3 hari atau kurang). Menjelang masa aktif domain berakhir, biasanya domain registrar akan mengirimkan email sebagai pengingat bahwa masa aktif domain akan segera berakhir. Dengan demikian pemilik domain dapat segera memperpanjang masa aktif domain sebelum masa aktifnya berakhir, dan layanan-layanan yang bergantung dengan domain tersebut dapat terus berjalan.

Expired
Jika saat menjelang masa aktif domain berakhir pemilik tidak menerima email pengingat dari registrar oleh karena satu atau lain sebab, dan domain mencapai akhir masa aktifnya, maka domain akan masuk ke fase berikutnya, yaitu “Expired”. Di fase ini semua layanan yang berkaitan dengan domain bersangkutan tidak lagi bisa bekerja. Dan domain juga tidak dapat ditransfer ke registrar lain sampai domain tersebut diperpanjang masa aktifnya atau dengan kata lain diaktifkan kembali. Fase ini memberikan masa tenggang 30-45 hari kepada pemilik domain untuk memperpanjang kembali masa aktif domainnya. Pemilik domain dapat segera memperpanjang masa aktif domainnya dengan hanya membayar biaya perpanjangan masa aktifnya, tanpa biaya tambahan. Segera setelah domain aktif kembali, semua layanan yang berkaitan dengan domain ini akan segera aktif kembali seperti semula.

Redemption 
Setelah masa tenggang di fase expired terlewati, maka domain akan memasuki fase berikutnya, yaitu “Redemption”. Di fase ini, pemilik domain masih mempunyai hak untuk memperpanjang masa aktif domain atau mengaktifkan kembali domainnya, namun dengan biaya tambahan yang disebut dengan “Redemption Fee”. Biaya tambahan ini dikenakan oleh domain registrar sebagai biaya restorasi domain. Besaran Redemption Fee ini bervariasi antara satu registrar dengan registrar yang lain. Jika domain diperpanjang (pemilik domain membayar biaya perpanjangan masa aktif ditambah dengan redemption fee), maka domain akan segera aktif kembali dan semua layanan yang berkaitan dengan domain tersebut akan aktif kembali seperti pada fase masa tenggang di atas.

Pending Delete 
Di fase ini domain sudah tidak dapat lagi diperpanjang masa aktifnya dan hanya tinggal menunggu proses penghapusan domain dari database oleh pihak domain registry. Lama fase ini sekitar 5 hari.

Released/Recycled/Deleted 
Setelah masa Pending Delete berakhir, maka domain akan tersedia kembali sebagai domain baru atau dengan kata lain domain akan kembali ke fase awal yaitu “Available”. Domain dapat didaftarkan oleh siapa pun dengan pola first come, first serve (yang mendaftarkan pertama kali akan menjadi pemiliknya).