Memindahkan Joomla 1.5 dari komputer lokal ke server hosting

By | 1 July 2011

Berikut ini langkah-langkah yang dibutuhkan untuk memindahkan situs Joomla dari komputer lokal Anda ke server:

1. Membuat database melalui MySQL Database di Cpanel

Jika anda belum memiliki database di server, silahakan dibuat dahulu melalui cPanel > MySql Database. Dari sana bisa diperoleh :

• Nama database format : userCpanel_namaDB
• Username database
• Password database format : userCpanel_namaUser

2. Backup database Komputer lokal

Backup database anda, jika menggunakan phpMyAdmin silahkan akses phpMyAdmin dari web browser anda ( http://localhost/phpmyadmin). Pilih database Joomla yang ingin diupload dari drop down menu “database”. Setelah database dipilih, klik pada tombol “export”, lalu pilih select all dan centang kotak “Add Drop Table”. Jangan ganti yang lain kecuali anda tahu apa yang anda lakukan. Centang “Save as file” tekan tombol “Go” di kanan bawah browser. Browser akan mengeluarkan konfirmasi penyimpanan ke komputer lokal.

3. Import database melalui phpmyadmin di cpanel

Setelah selesai membuat database dan user mysql serta export database di komputer lokal anda. Silakan buka menu phpMyAdmin di cPanel, pilih database Joomla yang tadi anda buat di step pertama. Setelah database dipilih , klik pada tombol “import” dan browse file backup database yang telah anda buat di langkah 2 di atas dan klik “Go” untuk import.

4. Upload files

Sebelum anda upload file Joomla ke server melalui FTP, sebaiknya kompres satu folder instalasi joomla di lokal komputer anda dalam satu file format Zip. Gunakanlah kompresi normal (standar) untuk zip file dan direktori Joomla.
Upload file .zip dengan menggunakan ftp/filezilla untuk mempercepat proses upload dan untuk menghindari kegagalan upload. Jika ingin menjadikan Joomla sebagai web utama silakan upload file zip Joomla ke dalam direktori /public_html supaya Joomla dapat diakses melalui http://domainanda.com/.
Setelah selesai upload, login ke cPanel > File Manager, cari file yang anda upload (di dalam direktori public_html), klik kanan pada file tersebut dan klik extract.

5. Setting file Configuration.php

Buka cPanel > File Manager anda. Cari configuration.php di direktori Joomla anda. Klik kanan pada file tersebut dan klik ‘Edit’. Dalam file script tersebut, cari baris sebagai berikut :

var $log_path = ‘’;
var $tmp_path = ‘’;
var $live_site = ‘’;
var $host = ”;
var $user = ‘’;
var $db = ‘’;
var $password = ”;

Sesuaikan nilai dari parameter-parameter tersebut di atas dengan setting yang anda buat di server hosting. Untuk path biasanya formatnya /home/usercpanel/public_html/path, sedangkan yang lain silakan anda sesuaikan sendiri.

Setelah selesai mengganti konfigurasi, tekan tombol Save Changes. Silakan ditest web anda dengan mengakses ke http://domainanda.com