Tutorial instalasi modul dan komponen Virtuemart di situs Joomla

By | 28 January 2009

VirtueMart merupakan solusi Open Source eCommerce yang merupakan modul dan komponen Joomla. Untuk melakukan instalasi VirtueMart pada Joomla, Anda harus menginstal komponen inti Virtuemart dan modul. Langkah-langkah instalasinya sangat mudah dan intuitif.

Langkah pertama silakan ke www.virtuemart.net dan download paket lengkap dengan nama VirtueMart_x.x_COMPLETE_PACKAGE.zip.

Langkah berikutnya ekstrak file ini ke hard disk lokal, yang sebenarnya untuk menemukan komponen dan modul. Kemudian login ke Joomla Administrator dan navigasi ke Installers -> Components.

Administrator Panel Joomla

Administrator Panel Joomla

Hal pertama yang akan diinstal adalah file com_virtuemart.xx.tar.gz. Klik [Browse …], pilih file dan tekan [Upload File & Install].

Upload File

Upload File

Instalasi komponen inti VirtueMart sekarang selesai.

Instalasi Komponen

Instalasi Komponen

Selanjutnya lakukan instalasi modul untuk membuat fungsi VirtueMart dapat diakses di situs Anda. Prosedurnya sangat mirip dengan menginstall komponen seperti yang telah dijelaskan di atas. Silakan klik Installers -> Modul, kilk [Browse…] cari file bernama mod_virtuemart.xx.tar.gz dan klik [Upload File & Install].

Selamat! Anda sekarang siap menggunakan VirtueMart situs Joomla!

Dari Administrator di Joomla, masuk ke Component -> VirtueMart dan klik tombol [Go directly to Store]. Tunggu sampai proses selesai. Silakan merefer ke dokumentasi instalasi resmi yang dijelaskan di file installation.pdf yang disertakan dalam paket.