Menghapus Toxic Backlink Menggunakan Google Disavow Tool

Mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya memiliki banyak indikator untuk meranking suatu website. Salah satunya adalah dengan backlink.

Nah, apa itu backlink?

Backlink adalah tautan dari satu website yang mengarah ke website lain. Backlink itu seperti endorse. Setiap tautan yang ada akan memberikan nilai reputasi suatu website ke mesin pencari. Semakin banyak tautan yang mengarah ke suatu website maka ranking di mesin pencari akan semakin tinggi. Semakin tinggi ranking di mesin pencari maka semakin gampang pengguna internet untuk menemukan website tersebut, yang berarti akan semakin banyak pengunjung yang mampir ke website tersebut.

Akan tetapi tidak semua backlink memberikan reputasi yang baik dan mendorong website anda mendapat peringkat di mesin pencari. Ada beberapa jenis backlink mengandung racun yang bahkan menjadi beban bagi suatu website. Jenis backlink ini dikenal sebagai toxic backlink atau bad backlink. Toxic backlink ini dapat menurunkan ranking atau menenggelamkan suatu website hingga menghilang dari mesin pencari.

Mengapa suatu website dapat mengandung toxic backlink?

Ada banyak penyebab, bisa dari anda sendiri yang tidak disadari atau dari pesaing anda yang berperilaku jahat yang dengan sengaja ingin membuat ranking website anda turun bahkan menghilang dari mesin pencari.

Bagaimana cara mengetahui bahwa website anda mengandung toxic backlink?

Ada beberapa penyedia jasa SEO yang menyediakan tool untuk mendeteksi toxic backlink, anda bisa googling menggunakan kata kunci backlink checker. Salah satunya adalah semrush.com. Dengan tool mereka anda bisa mendeteksi apakah ada toxic backlink di website anda. Sebenarnya anda bisa juga menggunakan google webmaster tool untuk mendeteksi toxic backlink tersebut.

Bagaimana cara menghilangkan toxic backlink di website anda?

Google sendiri menyadari bahwa mereka tidak bisa menilai, apakah itu kesalahan dari anda atau sumber masalah itu dari faktor eksternal. Oleh karena itu mereka menyediakan fasilitas berupa Disavow Tool. Fungsinya adalah untuk mengabaikan toxic backlink sehingga terhindar dari pinalti mesin pencari.

Bagaimana cara menggunakan Google Disavow Tool?

Caranya juga cukup mudah, anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini. Pastikan tidak ada yang tertinggal, agar prosesnya berjalan lancar.
1. Pertama, verifikasikan website Anda dengan Google Webmaster Tools
2. Kemudian buat file .txt yang beriksi daftar backlink yang ingin Anda tolak, misal

# domains
domain:domainspam.com
domain:shadyseo.com

# urls
http://spam.example.com/stuff/comments.html
http://spam.example.com/stuff/paid-links.html

3. Langkah selanjutnya adalah meng-upload file .txt tadi ke Google. Anda:

  • Masuk ke Google Search Console.
  • Buka https://www.google.com/webmasters/tools/disavow-links-main.
  • Dari menu tarik-turun, pilih website yang Anda tolak tautannya. Jika Anda memiliki beberapa website.
  • Pilih “Tolak Tautan.”
  • Pilih “Pilih file.”
  • Unggah file .txt Anda.

Demikian cara menghapus toxic backlink menggunakan Google Disavow Tool, semoga bermanfaat.

Comments are closed.