Mengamankan Akses SSH

SSH adalah utilitas administrasi sistem umum untuk server Linux. SSH singkatan dari “Secure Socket Shell”, dan seperti namanya, protokol dibangun dengan mempertimbangkan keamanan. Banyak administrator server berasumsi bahwa SSH cukup aman, dan sebagian besar, mereka benar. SSH secara default memiliki fitur keamanan yang luar biasa, seperti enkripsi komunikasi untuk mencegah serangan man in the middle (MITM), dan juga host key verification untuk mengingatkan pengguna jika identitas server telah berubah sejak mereka terakhir masuk.

Beberapa teknik yang dapat dipertimbangkan untuk membantu meningkatkan keamanan SSH server Linux Anda adalah sebagai berikut:

Brute Force Protection

Teknik ini adalah salah satu teknik paling umum untuk meningkatkan keamanan SSH. Ini karena salah satu masalah keamanan paling umum yang dihadapi oleh administrator server yang menjalankan layanan SSH adalah serangan brute force dari bot otomatis. Bot akan mencoba menebak nama pengguna dan kata sandi di server, tetapi brute force protection dapat secara otomatis mencekal alamat IP mereka setelah sejumlah kegagalan yang ditetapkan.
Read the rest of this entry »